PEMBATIK LEVEL 4

PEMBATIK LEVEL 4

Apa itu PEMBATIK?

PembaTik adalah sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi pendidik dalam aktivitas belajar, mengajar, dan berkolaborasi guna mendukung inovasi pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum merdeka dengan fokus pada pemanfaatan teknologi. Peningkatan kemampuan TIK bagi para guru dalam program ini didasarkan pada empat tingkatan kompetensi TIK, yaitu literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi. PembaTik bertujuan untuk memperkuat ekosistem pendidikan digital dengan berkontribusi dan berkolaborasi dalam mewujudkan kemandirian belajar. Manfaat yang diperoleh dari mengikuti PembaTIK 2023 meliputi (1) peningkatan kemampuan dalam literasi TIK, implementasi, kreasi, dan berbagi serta berkolaborasi dalam konteks TIK, (2) mendapatkan sertifikat pada masing-masing tingkat kompetensi dengan jangkauan nasional, dan (3) peluang untuk menjadi perwakilan Teknologi bagi Kementerian Pendidikan dan Riset Teknologi.

Pada tingkat keempat ini, peserta akan diberikan tugas akhir yang berfokus pada berbagi dan berkolaborasi. Salah satu tugas yang harus dijalani adalah berbagi praktik baik di wilayah masing-masing secara tatap muka, dimulai dari tempat tugas peserta atau bahkan lebih luas, baik secara individu atau dalam kelompok. Kegiatan ini dapat melibatkan berbagai pihak seperti pemangku kepentingan, komunitas, dan lembaga pendidikan terkait. Selain itu, berbagi dan berkolaborasi juga akan dilakukan secara daring. Saya berharap dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan baik.

Pada PembaTIK Level 4, peserta akan diuji dalam kemampuan berbagi dan berkolaborasi, serta berbagi praktik baik terkait inovasi pembelajaran dan penggunaan TIK dan platform teknologi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di lingkungan sekitar.

Untuk mencapai tujuan ini, peserta akan belajar dari tiga modul pembelajaran dalam Level 4 ini:

  1. Publikasi Karya Tulis untuk Pengembangan Profesi Guru.
  2. Membangun Komunikasi dan Kolaborasi dalam Pemanfaatan Platform Teknologi.
  3. Strategi Berbagi dengan Memanfaatkan Media Sosial.

Setelah mempelajari semua materi dalam Level 4 Berbagi dan Berkolaborasi, langkah akhir untuk menyelesaikan aktivitas pembelajaran di platform daring adalah menerapkan model pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berfokus pada siswa (student-centered) dan bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan platform teknologi. Selanjutnya, praktik baik yang telah dilakukan akan didokumentasikan melalui media sosial seperti blog, vlog (YouTube, TikTok, IG, FB) untuk dibagikan.

Pengimbasan 1




Pengimbasan 2



#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh RPP Tematik Model Connected

Metode Peer Teaching (Mengajar Sesama Teman)

PROFIL HIMA PGSD