PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF
Metode
pembelajaran tematik integratif, merupakan metode yang akan digunakan
dalam pembelajaran SD/MI pada kurikulum tahun 2013, yang rencananya akan
mulai diterapakan pada bulan juli mendatang. Dalam metode tematik
integratif, materi ajar disampaikan dalam bentuk tema-tema yang
mengintegrasikan seluruh mata pelajaran. Kompetensi dari berbagai mata
pelajaran diintegrasikan ke dalam berbagai tema yang mengintegrasikan
sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan
integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan.
Pada Kurikulum
Baru untuk SD/MI masing-masing kelas akan disediakan banyak tema.
Umumnya tiap tingkatan kelas mempunyai delapan tema berbeda. Tema yang
sudah dipilih itu harus selesai diajarkan dalam jangka waktu satu tahun.
Guru diberi kewenangan untuk memilih teknis pengajaran maupun durasi
pembelajaran satu tema.
Dalam menerapkan dan melaksanakan pembelajaran tematik, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan yaitu
1. Bersifat kontekstual atau terintegrasi
dengan lingkungan.Pembelajaran yang dilakukan perlu dikemas
dalam suatu format keterkaitan, maksudnya pembahasan suatu topik dikaitkan
dengan kondisi yang dihadapi siswa atau ketika siswa menemukan masalah dan
memecahkan masalah yang nyata dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari
dikaitkan dengan topik yang dibahas.
2. Bentuk
belajar harus dirancang agar siswa bekerja secara sungguh-sungguh untuk
menemukan tema pembelajaran yang riil sekaligus mengaplikasikannya. Dalam
melakukan pembelajaran tematik siswa didorong untuk mampu menemukan tema-tema
yang benar-benar sesuai dengan kondisi siswa, bahkan dialami siswa.
3. Efisiensi
Pembelajaran tematik memiliki nilai efisiensi antara lain dalam segi waktu, beban materi, metode, penggunaan sumber belajar yang otentik sehingga dapat mencapai ketuntasan kompetensi secara tepat.
Pembelajaran tematik memiliki nilai efisiensi antara lain dalam segi waktu, beban materi, metode, penggunaan sumber belajar yang otentik sehingga dapat mencapai ketuntasan kompetensi secara tepat.
Ciri-ciri Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik memiliki
ciri-ciri atau karakteristik sebagaimana diungkapkan dalam www. pppg
tertulis.or.id. sebagai berikut 1) berpusat pada siswa, 2) Memberikan
pengalaman langsung kepada siswa, 3)
Pemisahan mata pelajaran tidak
begitu jelas, 4) Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu
proses pembelajaran., 5) Bersifat fleksibel, 6) Hasil pembelajaran dapat
berkembang sesuai dengan minat, dan kebutuhan siswa. Agar diperoleh gambaran
yang lebih jelas tentang karakteristik tersebut dapat diuraikan sebagai
berikut:
1. Berpusat pada siswa
Proses
pembelajaran yang dilakukan harus menempatkan siswa sebagai pusat aktivitas dan
harus mampu memperkaya pengalaman belajar. Pengalaman belajar tersebut
dituangkan dalam kegiatan belajar yang menggali dan mengembangkan fenomena alam
di sekitar siswa.
2. Memberikan pengalaman langsung kepada
siswa
Agar pembelajaran
lebih bermakna maka siswa perlu belajar secara langsung dan mengalami sendiri.
Atas dasar ini maka guru perlu menciptakan kondisi yang kondusif dan
memfasilitasi tumbuhnya pengalaman yang bermakna.
3. Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
Mengingat tema dikaji dari berbagai mata pelajaran dan
saling keterkaitan maka batas mata
pelajaran menjadi tidak begitu jelas.
4. Menyajikan konsep dari berbagai mata
pelajaran dalam suatu proses pembelajaran.
5. Bersifat fleksibel
Pelaksanaan pembelajaran
tematik tidak terjadwal secara ketat
antar mata pelajaran.
6. Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai
dengan minat, dan kebutuhan siswa.
Aji's Pokies Casino Review and Bonus | JTG Hub
BalasHapusAji's Pokies Casino 이천 출장마사지 provides 청주 출장마사지 everything 대전광역 출장샵 the casino fans 여주 출장샵 of Australia want with its high-limit slot machines, table games and live 광양 출장안마