Pages

Selasa, 02 April 2013

Contoh RPP Tematik Model Connected

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK 
MODEL CONNECTED

       
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester         :  IV/ 2

Standar Kompetensi
Mendengarkan
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/ lambang korps

Kompetensi Dasar
1.1 Membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang di dengar

Indikator
Membuat gambar / denah sekolahku

Standar Kompetensi
Berbicara
2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat.

Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut.

Indikator
Menjelaskan gambar/ denah sekolahku

Tema                          : Sekolahku


I.       Tahapan Perencanaan

  1. Tujuan Pembelajaran
-          Dengan mengamati lingkungan sekolah, siswa dapat menggambarkan denah sekolah.
-          Dengan  diskusi kelompok siswa dapat menjelaskankan gambar/ denah sekolah.

  1. Dampak Pengiring/ Karakter yang dikembangkan
-          Setelah pembelajaran ini, di harapkan  siswa  dapat mengembangkan sikap dapat bekerja sama, teliti, cepat tanggap, tanggung jawab, kreatif dan dapat mengambil inti sari pembelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari.


  1. 1. Peta Konsep

Mendeskripsikan denah sekolahku
Membuat denah sekolah
Sekolahku
 





2. Hubungan konsep
Setelah menggambar denah sekolah siswa dapat menjelaskan denah sekolah dengan benar sesuai gambar.

3.Rancangan Aktivitas Belajar
Melalui  pengamatan siswa
a)      Membuat denah sekolahku 
b)      Menjelaskan denah sekolahku


4. Keterampilan  proses yang diambil
- kerjasama
- Ketekunan
- Kerapihan

5. Media dan sumber belajar
a) Media : contoh denah pasar
b) Sumber belajar
-          Depdiknas.2007.KTSP.Depdiknas: Jakarta
-          Nurcholis, Hanif dan Mafrukhi. 2006. Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar kelas 4. Jakarta: Erlangga


II.    Tahap Pelaksanaan

  1. Pengelolaan Kelas
1.      Salam
2.      do’a
3.      Presensi (mengecek Kehadiran Siswa)
4.      Apersesi dilanjukan curah gagasan untuk memilih dan menentukan tema  “Anak-anak dimanakah tempat kita menuntut ilmu?”
5.      Informasi  tujuan dan kegiatan pembelajaran.

  1. Kegiatan Pembelajaran
1.      Siswa mengamati denah pasar yang ditempelkan guru pada papan tulis.
2.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai denah pasar.
3.      Siswa dibagi ke dalam kelompok, yang setiap kelompoknya terdiri dari tiga(4) siswa, kemudian semua kelompok diajak keluar kelas untuk mengamati letak ruang-ruang disekolah.
4.      Masing-masing kelompok  berkerjasama dalam  membuat denah sekolah.
5.      Siswa mendiskusikan denah sekolah yang telah di buatnya.
6.      Salah satu siswa mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok mereka dan ditanggapi oleh kelompok lain.
7.      Siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil diskusi dri kelompok lain.
8.      Siswa mendapat penguatan dari guru atas keberhasilan dalam membuat denah sekolah
9.      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pelajaran hari ini

III.  Kulminasi
  1. Pelaporan
-          Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan kelompok mereka kepada guru.

  1. Evaluasi
1.      Penilaian Proses
Adapun aspek yang dinilai adalah :

No
Kelompok
Aspek yang dinilai
Kerjasama
Ketekunan
Kerapihan
Ketepatan
1





2





3





4





5











Keterangan skor:
A     =  Baik Sekali
B      =  Baik
C      =  Cukup
D     =  Kurang

2.      Penilaian Hasil
Setiap siswa diminta  menjelaskan denah taman  yang disediakan oleh guru secara tertulis.
           

Pontianak,  Maret 2013
     
  Dosen Pembimbing                                                               Praktikan


Download Kurikulum 2013



                                                    


0 komentar:

Poskan Komentar