Contoh RPP Tematik Model Connected
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
MODEL CONNECTED
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IV/ 2
Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/ lambang korps
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/ lambang korps
Kompetensi
Dasar
1.1 Membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang di
dengar
Indikator
Membuat gambar / denah
sekolahku
Standar
Kompetensi
Berbicara
2. Mendeskripsikan
secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat.
Kompetensi
Dasar
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau
gambar dengan kalimat yang runtut.
Indikator
Menjelaskan gambar/
denah sekolahku
Tema :
Sekolahku
I.
Tahapan
Perencanaan
- Tujuan Pembelajaran
-
Dengan mengamati
lingkungan sekolah, siswa dapat menggambarkan denah sekolah.
-
Dengan diskusi kelompok siswa dapat menjelaskankan
gambar/ denah sekolah.
- Dampak Pengiring/ Karakter yang dikembangkan
-
Setelah pembelajaran
ini, di harapkan siswa dapat mengembangkan sikap dapat bekerja sama,
teliti, cepat tanggap, tanggung jawab, kreatif dan dapat mengambil inti sari
pembelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari.
- 1. Peta Konsep
Mendeskripsikan denah sekolahku
|
Membuat denah sekolah
|
Sekolahku
|
2. Hubungan konsep
Setelah menggambar denah sekolah siswa dapat menjelaskan
denah sekolah dengan benar sesuai gambar.
3.Rancangan Aktivitas Belajar
Melalui pengamatan
siswa
a)
Membuat denah
sekolahku
b)
Menjelaskan denah
sekolahku
4. Keterampilan
proses yang diambil
- kerjasama
- Ketekunan
- Kerapihan
5. Media dan sumber belajar
a) Media : contoh denah pasar
b) Sumber belajar
-
Depdiknas.2007.KTSP.Depdiknas:
Jakarta
-
Nurcholis, Hanif dan
Mafrukhi. 2006. Saya Senang Berbahasa
Indonesia untuk Sekolah Dasar kelas 4. Jakarta: Erlangga
II.
Tahap Pelaksanaan
- Pengelolaan Kelas
1.
Salam
2.
do’a
3.
Presensi (mengecek Kehadiran Siswa)
4.
Apersesi dilanjukan curah gagasan untuk memilih dan menentukan tema “Anak-anak dimanakah tempat kita menuntut
ilmu?”
5.
Informasi tujuan dan kegiatan
pembelajaran.
- Kegiatan Pembelajaran
1.
Siswa mengamati
denah pasar yang ditempelkan guru pada papan tulis.
2.
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab mengenai denah pasar.
3.
Siswa dibagi ke dalam kelompok, yang
setiap kelompoknya terdiri dari tiga(4) siswa, kemudian semua kelompok diajak keluar
kelas untuk mengamati letak ruang-ruang disekolah.
4.
Masing-masing
kelompok berkerjasama dalam membuat denah sekolah.
5.
Siswa mendiskusikan
denah sekolah yang telah di buatnya.
6.
Salah satu siswa
mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok mereka dan ditanggapi oleh kelompok
lain.
7.
Siswa dari kelompok
lain diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil diskusi dri kelompok lain.
8.
Siswa mendapat
penguatan dari guru atas keberhasilan dalam membuat denah sekolah
9.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pelajaran hari ini
III. Kulminasi
- Pelaporan
-
Siswa mengumpulkan
hasil pekerjaan kelompok mereka kepada guru.
- Evaluasi
1.
Penilaian Proses
Adapun
aspek yang dinilai adalah :
No
|
Kelompok
|
Aspek yang dinilai
|
|||
Kerjasama
|
Ketekunan
|
Kerapihan
|
Ketepatan
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
…
|
Keterangan
skor:
A = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
D =
Kurang
2.
Penilaian Hasil
Setiap
siswa diminta menjelaskan denah
taman yang disediakan oleh guru secara
tertulis.
Pontianak, Maret 2013
Komentar
Posting Komentar