A.    Sejarah Singkat Program Studi PGSD FKIP Universitas Tanjungpura
Program Studi PGSD berdiri sejak tahun akademik  1991/1992 yang secara struktural merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tanjungpura, secara Oprasional berada dibawah Jurusan Pendidikan Dasar Melalui Unit Pelaksana Program.
Awal berdirinya  Program Studi PGSD untuk Menindaklanjuti SK Mendikbud : 0854/O/1989, Tanggal 30 Desember 1989 yang mensyaratkan guru SD Minimal D-2 PGSD. Mulai tahun akademik 1991/1992 Program Studi PGSD mulai menerima mahasiswa baru. Untuk kelancaran pelaksanaan program (tahun 1991 – 1997), maka kegiatan perkuliahan dilakukan dibawah koordnasi Unit Pelaksana Program (UPP) yang terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu (1) UPP induk berlokasikan di SMU Santun Untan , (2) UPP 1 yang merupakan integrasi SPG yang terletak di Jl. Karya Bakti Pontianak, dan (3) UPP 2 yang merupakan integrasi SGO yang terletak di Jl. Adi Sucipto Gg. Nurul Huda Sungai Raya Kabupaten Pontianak (sekarang telah beralih menjadi Kabupaten Kubu Raya).
Seiring dengan perkembangan yang terjadi di FKIP dengan munculnya beberapa program studi baru, mulai tahun 2000 kegiatan perkuliahan dipusatkan di UPP 1 dan UPP 2. Dengan dilekeluarkannya SK Dekan 3287/H22.6DT/2007, kegiatan perkuliahan di FKIP dipusatkan pada 3 (tiga) tempat, yaitu (1) kampus 1 yang terletak di Jl. Ahmad Yani. (2) kampus 2 yang terletak di Jl. Karya Bakti, dan (3) Kampus 3 yang terletak di Jl Adi Sucipto. Untuk Program Studi PGSD mulai tahun 2007 kegiatan perkuliahan sepenuhnya dilaksanakan di kampus 2.
Mengacu pada peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang kualifikasi guru SD sampai SLTA minimal lulusan S1, Program Studi PGSD mulai mengembangkan program untuk membuka Program  S1 PGSD berdasarkan usulan Program Hibah Kompetensi PGSD S-1 B 2006. Hal tersebut disambut baik oleh Departemen Pendidikan Nasional Dengan dikeluarkannya SK Dirjen Dikti No. 3330/D/T/2006 Tentang ijin penyelenggaraan Program Studi PGSD  (S1) pada Universitas Tanjungpura Pontianak dan SK Dirjen Dikti No 4800/D/T/2008 tentang perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggara Program Studi PGSD (S1) pada universitas Tanjungpura.
Berikut ini disajikan personilia pimpinan di jurusan Pendidikan Dasar Tahun 1991 – Sekarang
1.      Periode 1991 – 1995
Ketua Jurusan                         : Prof. Dra. Suharti Fattah
Sekretaris Jurusan                   : Dr. Bambang TK Garang
Ketua Program Studi              : Drs. Nasrun
Sekretaris Program Studi        : Drs. Abas Yusuf, M. Pd.
Ketua UPP Induk                   : Drs. Tajudin Nur, M. Si.
Ketua UPP 1                           : Drs. V. Panjaitan
Ketua UPP 2                           : Drs. H. Marzuki, M. E., M.A., SH
2.      Periode 1995 - 1999
Ketua Jurusan                         : Prof. Dr. Uray Husna Asmana, M.Pd
Sekretaris Jurusan                   : Drs. Zainuddin, M. Pd.
Ketua Program Studi              : Drs. Nasrun
Sekretaris Program Studi        : Drs. Suhardi Marli, S. Pd
Ketua UPP Induk                   : Drs. Suparmin, M. Pd.
Ketua UPP 1                           : Drs. Ngatiyo, S. Pd
Ketua UPP 2                           : Drs. Maridjo AH, M. Si
3.      Periode 1999 – 2003
Ketua Jurusan                         : Drs. Zainuddin, M. Pd
Sekretaris Jurusan                   : Drs. Ngatiyo, S. Pd
Ketua Program Studi              : Drs. Nurhadi
Sekretaris Program Studi        : Drs Sukmawati
Ketua UPP Induk                   : Drs. Mastar Asran
Ketua UPP 1                           : Dra. Zahara
Ketua UPP 2                           : Dra. Hj. Nursyamsiar Tirtowati
4.      Periode 2003 – 2007
Ketua Jurusan                         : Drs. Suhardi Marli, M. Pd
Sekretaris Jurusan                   : Drs. Nurhadi
Ketua Program Studi              : Dra. Hj. Sri Utami, M. Kes
Sekretaris Program Studi        : Dra. Syamsiati, S. Pd
Ketua UPP 1                           : Dr. H. Marzuki , M. Ed., M.A., S.H.
Ketua UPP 2                           : Drs. Ngadiran, M. Si.
5.      Periode 2008 – 2012
Ketua Jurusan                         : Drs. Suhardi Marli, M. Pd.
Sekretaris Jurusan                   : Drs. H. Nurhadi
Ketua Program Srudi              : Siti Halidjah, M. Pd
6.      Periode Sekarang (2012 – 2016)
Ketua Jurusan                         : Drs. H. Maridjo Abdul Hasjmy M.Si
Sekretaris Jurusan                   : Drs. Tahmid Sabri S.Pd, M.Pd
Ketua Program Studi              : Dra. Hj Syamsiati S.Pd 

A.    Visi dan Misi
Visi Program Studi PGSD adalah mewujudkan Program Studi S1 PGSD FKIP UNTAN sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan (LPTK) Berkualitas danberwawasan ke-SD-an.
Misi Program Studi PGSD adalah sebagai berikut
1.      Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.      Menghasilkan lulusan yang cerdas, berkualitas dan berwawasan ke-SD-an.
3.      Menghasilkan tenaga guru sekolah dasar yang unggul dan mampu bersaing di era globalisasi
4.      Meningkatkan jumlah dan mutu pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan pengembangan bidang kependidikan ke-SD-an.
B.     Tujuan dan Tugas Pokok Program Studi PGSD
Tujuan Program Studi S1 PGSD adalah menyiapkan guru yang berkualitas S1 berkeahlian dalam bidang kependidikan SD yang profesional dan berkepribadian, berwawasan IPTEK, memiliki kemandirian dan kemampuan kependidikan yang tanggap dan tangguh terhadap berbagai permasalahan pendidikan dasar,memiliki daya saing dan mampu menghadapi, mengantisipasi, dan menjawab kemungkinan timbulnya berbagai tantangan kependidikan di SD pada era globalisasi.
Sebagai suatu institusi kependidikan maka Program S1 PGSD mengemban tugas Pokok sebagai berikkut
1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan Guru SD yang memiliki kompetensi guru.
2.      Mengupayakan pembentukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan guru secara profesional berdasarkan empat kompetensi guru yang meliputi kompetensi Pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional.
3.      Mengembangkan wawasan diri guru yang tanggap terhadap permasalahan lingkungan alam dan lingkungan budaya masyarakat serta kesediaan diri menanggulangi permasalah tersebut dengan sikap penalaran yang serasi berdasarkan prinsip – prinsip ilmu mendidik yang dimiliki.
4.      Menampung dan menyebarluaskan serta melaksanakan konsep – konsep pembaharuan pendidikan khususnya bidang pembelajaran ke- SD-an untuk pengembangan serta memajukan anak didik pada khususnya dan masyarakat pada umunya.
5.      Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam bidang kependidikan yang dilaksanakan pada School Based management.    
Sumber : Buku Etika Program Studi PGSD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh RPP Tematik Model Connected

PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF

Download Kurikulum 2013